Minggu, 22 Januari 2012

Objek wisata Danau Panggang

Obyek Wisata
Wisata Kerbau Rawa Terbentur Dana
diposkan tanggal 22/01/2012
oleh Linda Ayu Diwanti

KOMPAS/DEFRI WERDIONO Belasan kerbau rawa bersiap masuk ke kandang yang berada di tengah rawa-rawa, di kawasan Kecamatan Danau Panggang. Selama ini kerbau rawa dikenal sebagai salah potensi kehidupan asli daerah ini.

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Upaya mengangkat potensi kerbau rawa di Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, untuk keperluan wisata masih terbentur masalah dana. Akibatnya, kemasan wisata kerbau rawa juga cenderung dibiarkan apa adanya.
Wakil Bupati Hulu Sungai Utara Syahdillah mengakui, sejauh ini pihaknya sudah mengalokasikan dana untuk mengangkat potensi wisata yang ada, tetapi kurang maksimal. Sebab, tidak banyak dana yang dimiliki kabupaten. Pendapatan asli daerah setempat hanya sekitar Rp 30 miliar. Akhirnya pengunjung menjadi kurang berminat.
"Untuk mengadakan festival, misalnya, biayanya tinggi," ujar Syahdillah di Banjarmasin, Rabu (14/12/2011), tanpa menyebut berapa besar dana yang telah dialokasikan untuk mengembangkan potensi yang ada.
Populasi kerbau rawa di Hulu Sungai Utara mencapai ribuan ekor. Sebagian besar satwa itu hidup di daerah rawa-rawa luas di Danau Panggang, seperti Desa Paminggir, Paminggir Seberang, Ambahai, Bararawa, Pal Batu, dan Sampala.
Kerbau rawa menghabiskan waktu dengan berendam di air. Pagi hari mereka turun ke air dan naik lagi ke kandang, yang juga berada di rawa pada sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar