Selasa, 20 Desember 2011

Origami



Sebuah karya origami berbentuk bangau.
Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.
Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun.
Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.
Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.
Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi.

Mari mengenal dasar-dasar seni melipat kertas (origami) bersama Maya sensei

by Origami Indonesia on Thursday, January 7, 2010 at 12:21pm
Seni melipat-lipat kertas sebetul nya adalah seni yang mudah dipelajari dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengetahui hal mendasar tentang seni melipat kertas, ini akan menjadi bekalan yang tepat untuk melanjutkan aktifitas melipat kertas, mencoba dan terus mencoba mengubah selembar kertas menjadi beraneka ragam bentuk lipatan kertas (origami) dari yang mudah hingga tingkat yang lebih kompleks.

Mari kita mulai mengenali dasar-dasar nya:
Ket.gambar 1: Ini adalah simbol-simbol dasar dalam seni melipat kertas yang telah umum digunakan pada sebuah diagram origami. Dengan memahami fungsi tiap simbol-simbol ini, maka seorang pembaca diagram origami akan dituntun tahap-pertahap hingga lipatan kertas nya membentuk sebuah model origami tertentu.Ket.gambar 2: Pada gambar ini menerangkan perbedaan antara fungsi simbol garis putus-putus (lipatan lembah/valley fold) dengan garis titik - garis titik putus-putus (lipatan gunung/summit fold).Ket.gambar 3:Silahkan dicoba model origami tradisional "topi samurai" ini. Bagaimana, mudah bukan? Saat ini juga, teman2 bisa berorigami bersama putra-putri, keponakan dan anak2 disekitar kita. Selamat berorigami!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar